Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri (Penyebab & Mengatasinya)

Posted on

Faktor penyebeb utama laptop tiba tiba mati sendiri dan sering eror sekaligus cara paling ampuh untuk mengatasinya merupakan topik pembahasan materi artikel hari ini yang mungkin penting anda simak.

Karena saya yakin tidak sedikit pula diantara sekian banyak pengguna laptop dan pc komputer yang kerap memiliki persoalan ini bahkan tidak luput dengan saya sendiri. Nah Oleh karena itu dalam kesempatan ini jualah saya ingin berbagi sedikit pengalaman terkait soal upaya terbaik dan cukup berhasil cara mengatasi kendala laptop suka mati mendadak tiba tiba.

Jadi apabila kamu saat ini sedang memiliki problem serupa tentunya tidak perlu cemas dulu karena pada ulasan ini saya akan menjelaskan semua faktor yang sehingga dapat menimbulkan masalah komputer pc dan laptop sering mati seketika sekaligus juga saya akan memberikan petunjuk sebagai solusi langkah apa yang harus dilakukan guna memperbaikinya kembali.

Berdasakan sekian kali saya menemui kasus serupa sekaligus memperbaiki kendala soal laptop yang mendadak mati tiba tiba pada dasarnya tidak jaug dari bagian elemen sebagai berikut.

Laptop Tiba Tiba Mati

Faktor Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri

Terdapat dua sumber yang bisa menimbulkan masalah laptop error dan sering mati tiba tiba. Pertama yaitu dari sistem software (Piranti Lunak) dan kedua dari Hardware (Piranti Keras) silahkan anda simak baik baik uraian lengkapnya berikut dibawah ini

Masalah Umum Pada Bagian Software

1. Di Karenakan Oleh Virus

Rupanya masalah virus tergolong salah satu pennyebab umum dan bisa dikatakan sebagai faktor paling dominan  yang bisa membuat laptop dan komputer kita secara tiba tiba mati sendirinya. Lho ko bisa ? padahal dilaptop saya sudah di install anti virus. Yah mungkin saja anti virus yang terpasang dalam laptop tersebut bisa jadi sudah tidak bekerja dengan baik dan maksimal.

Perlu anda ketahui pula bahwa aplikasi anti virus itu sendiri perlu diupdate atau dengan kata lain diperbaharui sistem databasenya ke versi terbaru dalam rentang waktu setiap satu bulan sekali. Karena jika tidak maka tidak dapat melindungi laptop kalian dari serangan virus entah itu yang masuk lewat jaringan internet atau bisa juga melalui plashdisk. Lantas apa kira kira solusinya yang harus anda lakukan ?

  • Download serta Install anti virus Microsoft Security Essentials untuk pengguna os windows 7 dan os windows 8 atau Microsof Defender untuk os windows 10
  • Download dan install anti virus MalwareBytes
  • Scend/pindai semua drive partisi penyimpanan direktori  C & drive D semuanya samapi selesai
  • Kalau sudah Restart Laptop anda

 

2. Cresh Registry

Arti dan maksud dari istilah ini lebih gampangnya yaitu adanya problem pada sebuah software aplikasi yang terpasang sebelumnya dalam laptop juga komputer kita yang bermasalah seperti misalnya tidak suport alias tidak cocok dengan sistem piranti lunak dan perangkat keras dalam laptop. Sehingga sering kali sistem menolak untuk menjalankan program tersebut.

Solusinya : Anda cukup hapus aplikasi dilaptop dan pc komputer saat itu juga apalagi kalau ternyata bahwa program tersebut tidak terlalu penting dan tidak anda gunakan.

3. Program Out Off Database

Out Of Database artinya adalah bahwa versi program dalam laptop anda sudah harus diupdate atau diperbaharui yang konon masalah memperbaharui versi sistem databse program ini merupakan salah satu yang terkadang sering kali kita abaikan dan kurang diperhatikan.

Solusinya :

  • Update semua program aplikasi yang terpasang
  • Upgrade Os windows 7 Ultimate atau windows 8 dan 10 pada laptop kalian
  • Perbarui semua Driver ke versi terbaru bisa online ataupun offline

Baca Juga : Cara Secreen Shot Gambar Di Laptop

Pada Bagian Hardware (Perangkat Keras)

Ada beberapa bagian perangkat keras yang mampu mengakibatkan terjadinya laptop mati secara tiba-tiba yang diantaranya yaitu :

1. Procesor

Prosesor merupakan bagian paling inti dan paling vital dalam mengoprasikan semua kinerja laptop. Oleh karena itu jika masalahnya dibagian ini tentu cukup serius sementara saya sendiri sampai sejauh ini belum bisa memberikan solusi pasti akan memperbaiki keadaan semacam ini. Jika saja memang itu penyebabnya maka saran saya alangkah baiknya segera di ganti saja.

2. Kipas Pendingin

Cek atau periksa kipas pendingin apakah masih berputar atau mati. Letak posisi kipas ini ada dalam rangkaian motherboat laptop. Jika rusak mka jan keluarnya kamu ganti dengan kipas yang baru.

3. Memory Ram

Periksa memori Ram apakah masih bagus atau mungkin saja sudah lemah sehingga membuat kondisi laptop kamu menjadi lemot dan sering mati sendiri.

  • Lepaskan Memori Ram dari tempat slotnya
  • Kemudian Bersihkan Kaki Ram yang berwana kuning menggunakan penghapus kasar
  • Selanjutnya jangan lupa kamu semprot Slot Ram tempat meletakan memori denggan menggunakan angin kompresor tujuanya agar semua debu debu yang menempel pada slotnya hilang
  • Silahkan Pasang Ramnya kembali

4. Hardisk

Hardisk termasuk persoalan yang tidak jarang bisa mengakibatkan adanya masalah laptop yang tiba tiba mati. Biasanya terjadi keruskakan pada kaca membrand dengan istilah lain masalah ini sering disebut dan cara menangulainginya adalah :

  • Lepaskan Hardisk dari slotnya
  • Gosok Kaki Hardisk dengan penghapus kasar sampai bersih
  • Dan coba Pasang kembali pada tempatnya

Jika ternyata masih belum ada perubahan maka tidak lain kamu harap ganti hardisk tersebut dengan yang baru

5. Batrai

Selnnjutnya yaitu kapasitas daya batrai yang bisa saja kondisinya sudah melemah sehingga menimbulkan kuranya strum yang masuk. Sementara untuk mengatasi masalah ini tidak ada cara lain kecuali anda mai tidak mau harus menggantinya dengan batrai yang baru.

Mungkin hanya itu saja sedikit informasi mengenai ulasan singkat langkah langkah cara mengatasi dan menanggulangi masalah laptop tiba tiba mati sendiri yang dapat saya sampaikan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *